Apa Itu Koperasi? Bagaimana Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi


  • 28 Januari 2020
  • admin
  • Pengumuman

KSPSBM - Kebutuhan hidup memang tak selamanya berjalan mulus. Terkadang harus dihadapkan dengan persoalan mendadak yang berkaitan dengan uang. Persoalan tersebut kerap kali membuat sesoerang menjadi bingung karena uang simpanan atau tabungan tidak mencukupi.

Mau tidak mau, Anda akan melakukan pinjaman kepada saudara terdekat, tetangga, yayasan, bahkan pihak bank. Tetapi, pada kenyataannya mereka belum tentu siap sedia untuk membantu. Jika meminjam kepada saudara atau tetangga boleh jadi, saat itu mereka tidak memiliki uang yang Anda butuhkan.

Begitu pun ketika Anda meminjam ke sebuah bank, pastinya ada syarat yang harus dipenuhi dan tidak bisa cair dalam waktu singkat.

Apabila Anda sedang mengalami persoalan di atas, janganlah khawatir karena masih ada cara lain yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah meminjam dana yang Anda perlukan kepada koperasi. Baik itu koperasi yang berada di lingkungan rumah, kantor, dan sebagainya.

Cara Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Setelah mengetahui syarat-syarat mengajukan pinjaman, maka selanjutnya adalah membahas tentang cara mengajukan pinjaman di koperasi. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

1. Mengisi Formulir Pinjaman
2. Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi
3. Membawa fotocopy KTP, bagi yang sudah menikah wajib untuk membawa KTP suami atau Istri
4. Membawa fotocopy kartu keluarga, slip gai, rekening listrik, dan juga anggunan.

Setelah persyaratan di atas lengkap Anda bawa, maka tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Mengajukan dana pinjaman dengan cara melengkapi proposal tujuan penggunaan dana. Pihak koperasi tentunya akan menanyakan tujuan Anda untuk meminjam pinjaman tersebut.

Anda bisa menuliskannya untuk berbagai macam keperluan seperti modal usaha, kesehatan, dan keperluan lainnya yang memang dibutuhkan.

  • Setelah pengurus koperai melihat pengajuan pinjaman Anda. Maka mereka pun akan mempertimbangkan terlebih dahulu tentang proposal pengajuan pinjaman tersebut.

Namun, tak perlu khawatir bila Anda telah meneuhi syarat-syarat yang diberlakukan oleh koerasi. Maka pinjaman pun bisa cair dengan segera.

  • Bila persyaratan lengkap dan proposal pengajuan telah Anda isi serta telah disetujui pihak pengurus. Maka Anda sudah bisa menerima dana pinjaman dari koperasi.

Biasanya setelah disetujui, pihak pengurus akan memberikan sebuah berkas perjanjian tentang pengembalian dan pinjaman. Dana tersebut bisa dikembalikan sesuai dengan kesepakatan antara Anda dengan pengurus koperasi.

Pada mulanya koperasi ini memang ditujukan pada anggotanya saja dalam hal simpan pinjam. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan untuk tetap eksis di dunia persaingan usaha, koperasi ini menyediakan sebuah produk pinjaman yang diperuntukan bagi non anggotanya.

Walaupun bisa pinjam dalam waktu singkat, tetap saja ada sebuah prosedur persyaratan yang harus dipenuhi. Tetapi bedanya, syarat tersebut tidak melalui rangkaian adminstarasi yang cukup panjang.

Lalu, seperti apakah cara dan syarat mengajukan pinjaman di koperasi tersebut? Mari, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Untuk Anda yang akan meminjam dana di koperasi, tentunya ada beberapa prosedur atau syarat yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut:

  1. Terdaftar Sebagai Warga Negara Indonesia. Biasanya penduduk yang terdaftar sebagai warga negara Indonesia memiliki Kartu Tanda Penduduk dengan disertai Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  2. Keanggotaan bersifat perseorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum.
  3. Membayar simpanan wajib dan simpanan pokok sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Besar kecilnya pembayaran biasanya ditentukan oleh pengurus koperasi serta kesepakatan dengan warga.
  4. Mengetahui dan Menyetujui anggaran dasar, anggaran rumah tanggan, dan juga kententuan yang tengah berlaku dalam koperasi.

Jika Anda sudah membaca dan mempelajari syarat untuk mengajukan pinjaman di koperasi. Ada baiknya untuk segera mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi. Karena dengan menjadi anggota koperasi, Anda akan dimudahkan untuk melakukan pinjaman.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Ada beberapa keuntungan yang harus Anda ketahui ketika mengajukan pinjaman di koperasi. Tentunya ini akan menjadikan pertimbangan besar untuk Anda untuk bisa meminjamnya. Adapun keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Prosedur Peminjaman Tergolong Mudah

Bagi para anggota koperasi, pastinya sepakat dengan ulasan ini. Sesuai dengan tujuan kperasi yaitu menyejahterakan anggotanya, maka prosedur pinjaman ini akan dipermudah.

 

Selain itu, pengurus dan anggota koperasi pastinya saling mengenal sehingga tidak perlu lagi melakukan survey apapun terlebih harus menggunakan survey lewat BI Checking.

2. Proses Pencairan Pinjaman Tergolong Cepat

Selain dimudahkan dalam hal prosedur peminjaman, proses pencairannya pun tergolong cepat. Semuanya tergantung kepada pengurus dan juga anggota. Bila pinjaman yang diajukan harus ada saat itu juga, maka pihak pengurus pun akan mengeluarkannya.

3. Peminjaman Dilakukan Tanpa Jaminan

Keuntungan berikutnya bila mengajukan pinjaman di koperasi adalah bisa dilakukan tanpa jaminan. Rata-rata koperasi yang ada di Indonesia tidak memberlakukan sistem tersebut. sehingga memudahkan para anggota yang memang tidak memiliki sertifikat rumah, tanah BPKN mobil dan juga motor.

4. Suku Bunga Ringan

Koperasi akan selalu komitmen dengan tujuan yang diberlakukannya, yaitu menyejahterahkan anggotanya. Karena itu suku bunga yang diberikan pun sangat ringan dibandingkan meminjam kepada bank.

Selain untuk mensejahterakan, pendirian koperasi pun bukan diperuntukkan sebagai ajang mencari keuntungan.

Mereka hanya ingin, warga di sekitarnya bisa sejahtera lewat pinjaman yang biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik itu untuk modal usaha ataupun untuk hal lainnya yang bermanfaat.



Mau Pengajuan Online ?

Partner Kami

KSP SBM sudah menjalin kerja sama dengan banyak pelaku usaha lainnya. Geser ke kiri untuk melihat yang lainnya.